Manfaat Daun Sirsak

Teh Daun Sirsak

Siapa yang tidak kenal sirsak? Buahnya yang berwarna putih, lembut dan manis sangat lezat di lidah, baik untuk dimakan langsung ataupun diminum dalam bentuk jus. Sirsak adalah buah dan tanaman yang berasal dari daerah Amerika Latin dan daerah tropis sub Sahara Afrika, namun kini tanaman ini juga umum ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia. Menikmati buahnya yang lezat, anda tentu akan lebih tertarik untuk menemukan khasiat lain dari sirsak. Daun sirsak yang berbentuk menyirip sebenarnya telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan diare, liver, rematik, ambeien, bisul, sakit pinggang, eksim, dan sakit pada saluran urin melalui ekstrak hasil rebusan daun. Berdasarkan hasil penelitian, daun sirsak juga bermanfaat untuk pengobatan kanker. Cara tradisional untuk mendapatkan khasiat dari daun sirsak ini adalah dengan merebus 10 helai daun sirsak tua yang telah berwarna hijau tua dengan kurang lebih tiga gelas air. Rebus hingga tinggal tersisa kira-kira satu gelas air, dan kemudian air rebusan tersebut diminum dua kali sehari. 

Manfaat Teh Daun Sirsak

Efek yang ditimbulkan dari air rebusan daun sirsak adalah rasa hangat di perut dan memicu pengeluaran keringat.  Dalam dua minggu penggunaan, penderita kanker dapat memeriksakan diri ke dokter untuk mengecek pertumbuhan sel kanker, dan bagi para pasien yang telah mencoba, daun sirsak bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Hasil yang lebih signifikan terlihat setelah 3-4 minggu penggunaan. Keistimewaan ekstrak daun sirsak adalah efeknya yang bekerja hanya pada sel-sel yang tumbuh abnormal dalam tubuh. Namun, ekstrak daun sirsak tidak mengganggu pertumbuhan sel-sel normal dalam tubuh. Kemampuan ini disebabkan oleh senyawa aktif Acetogenins yang terdapat dalam ekstrak daun sirsak. Senyawa ini berfungsi mengontrol pembelahan sel kanker dengan menghambat aliran energi pada proses pembelahan sel tersebut. Pembelahan sel kanker yang berjalan beberaaa puluh kali lebih cepat dari sel normal membutuhkan energi yang besar. Dengan hambatan pada aliran energi yang dilakukan oleh Acetogenins, proses pembelahan sel kanker dapat dihambat secara berkala. Jika dibandingkan dengan kemoterapi, efek ini jauh lebih menguntungkan, sebab kemoterapi membunuh baik sel abnormal maupun normal dalam tubuh. Efek samping yang ditunjukkan oleh ekstrak daun sirsak pun minimal, dan tidak menunjukkan efek yang ditimbulkan kemoterapi seperti rasa mual dan rambut rontok. Daun sirsak juga memiliki fungsi menjaga sistem imun dan mencegah infeksi. Beberapa pengalaman pasien menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak bermanfaat untuk menyembuhkan kanker serviks, payudara, pankreas, prostat, kolon, dan paru-paru. Sebagai tindak lanjut penemuan khasiat daun sirsak untuk kesehatan, beberapa perusahaan memprduksi ekstrak daun sirsak dalam bentuk kapsul. Namun, jika anda menginginkan efek yang lebih alami, maka cara tradisional dengan merebus daun tetap dapat digunakan.

Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan daun sirsak sebagai pengobatan kanker adalah statusnya sebagai obat herbal. Pengobatan kanker menggunakan obat paten dan kemoterapi. Untuk itu, penggunaan obat herbal haruslah memiliki fungsi sinergis dengan obat kimia yang digunakan untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan. Anda yang ingin merasakan khasiat / manfaat teh daun sirsak yang juga berfungsi sebagai detox / mengeluarkan racun dari dalam tubuh dapat mengkonsumsi teh daun sirsak produksi PT Mahkotadewa Indonesia yaitu Teh Sirsakti.

Tags:

No comments yet.

Leave a Reply